Dapatkan Uang dari Bisnis Online Gratis !

Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program PaidVerts

3 Lensa Kamera DSLR Yang Sebaiknya Anda Miliki

3 Lensa Kamera DSLR Yang Sebaiknya Anda Miliki



















Memang benar bahwa kemampuan seorang fotografer lah yang menentukan bagus atau tidaknya hasil akhir sebuah foto. Tapi, di dunia digital ini dengan semakin banyaknya fitur yang ditawarkan kamera DSLR dan lensa, peralatan juga memegang peranan penting agar seorang fotografer bisa mendapatkan hasil yang ia inginkan. Setelah anda punya body camera DSLR, saatnya berinvestasi di tiga lensa ‘dasar’ yang sebaiknya anda punya.
Ada tiga jenis lensa yang terbukti akan memberikan keuntungan di sepanjang perjalanan fotografi. Lensa-lensa tersebut adalah :

1. Lensa Medium




Ini adalah tipe lensa paling umum untuk kamera DSLR dan umumnya digunakan untuk foto-foto mid-range. Lensa medium bisa menangkap apa yang mata kita biasa lihat, sehingga membuatnya menjadi alat yang sempurna untuk portrait. Jika anda akan membeli lensa medium, pilihan terbaiknya adalah ukuran 50mm dengan f/1.8

2. Lensa Wide-angle




Kalau anda sering membaca artikel tentang kamera DSLR dan fotografi, maka anda pasti akrab dengan lensa wide-angle. Ini adalah lensa DSLR yang digunakan untuk memotret pemandangan yang lebar dalam jarak yang terbatas (misalnya kalau anda tidak bisa bergerak mundur lebih jauh untuk mendapatkan pandangan melebar). Tapi, lensa ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan lebih banyak kedalaman untuk menghasilkan perspektif yang menarik. Lensa Tokina 11-16mm dengan f/2.8 bisa menjadi pilihan terbaik untuk lensa jenis ini karena mengklaim mampu memberikan pandangan yang sangat lebar tanpa menimbulkan efek fish-eye.

3. Lensa Telephoto




Pasti keren sekali kalau anda bisa memotret burung yang sedang bertengger di ketinggian pohon atau memotret candid dari jarak yang aman sehingga objek tidak menyadari kehadiran anda. Semua itu dapat dilakukan oleh lensa telephoto yang secara nyaman membuat objek yang sangat jauh jadi tampak dekat. Lensa ini juga hebat dalam hal mengkompres ruang dan menunjukkan proporsi yang benar. Untuk pemula, disarankan Canon 85mm f/1.8 karena bisa memberikan depth of field yang indah.

Sebelum anda memutuskan untuk melengkapi koleksi dengan lensa-lensa ini, berikut tips untuk membeli lensa DSLR :

Pahami kebutuhan – Foto macam apa yang ingin anda tangkap? Apakah anda berfokus pada landscape ataukah portrait? Kalau anda punya ide yang jelas tentang pilihan fotografi anda, maka ini akan memudahkan anda menemukan lensa DSLR yang tepat.

Disiplin dengan budget - Dengan begitu banyaknya pilihan, anda bisa dengan mudah terlena lalu membeli benda-benda yang sebenarnya tidak anda perlukan. Untuk memastikan anda hanya membeli apa yang perlu, buatlah anggaran dan berdisiplinlah dengan apa yang sudah anda rencanakan.

Baca beberapa review – Rajinlah browsing dan membaca review hands-on dari beberapa pakar lensa dan kamera, lihat-lihatlah beberapa hasil jepretan dari lensa yang anda cari untuk membantu menentukan merk dan ukuran yang paling cocok dengan anda.

Bandingkan harga – Jangan pernah berpikir bahwa kualitas sebuah lensa DSLR hanya berdasar pada harganya. Saat anda mencari lensa kamera yang sempurna, perhatikanlah fiturnya lalu bandingkan harganya dengan merk lain yang memiliki fitur sama. Mungkin hal semacam ini terdengar merepotkan, tapi hasilnya akan sangat sepadan.

Kamera DSLR pastinya adalah sebuah alat yang hebat untuk fotografer modern. Tapi, ini bukan alasan untuk jadi korban bujuk rayu iklan. Selalu berpikir dengan jernih, pelajari dasarnya, lalu evaluasi pilihan anda. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan lensa DSLR yang terbaik untuk anda

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

ads